Site Meter

Tips Memilih Lensa Kamera

Bagi kita yang sudah lama berkecimpung di dunia fotografi, memilih lensa untuk kamera SLR (Single Lens Reflector) yang tepat bisa jadi merupakan perkara yang mudah dilakukan. Tetapi lain halnya bagi para pemula, karena ada beberapa faktor untuk menentukan cocok atau tidaknya lensa tersebut bagi Anda :
  1. Mencermati kebutuhan anda sendiri menjadi langkah awal yang dapat dilakukan. Bagi yang gemar foto landscape maka lensa wide adalah pilihan yang tepat, berbeda dengan para penggemar foto dengan cropping ketat, maka lensa tele bisa menjadi satu pilihan.
  2. Khusus untuk kamera digital SLR (DSLR) Prosumer, Anda harus perhatikan bahwa kamera ini memiliki cropping factor 1,5 – 1,6 X. Jadi misalnya, Anda memiliki lensa dengan focal length 17 mm, maka di kamera DSLR Prosumer yang memiliki cropping factor 1,5 X maka focal length ini bisa menjadi 25,5 mm, Berbeda dengan kamera analog yang tidak memiliki cropping factor sehingga focal length-nya tidak berubah.
  3. Bagi yang ingin yang memiliki lensa zoom, dianjurkan untuk tidak memilih lensa dengan range yang terlampau jauh karena dikhawatirkan kualitas gambar yang dihasilkan nanti tidak akan maksimal. Sebaiknya pilih lensa zoom yang memiliki range wide (misalnya 17 -55 mm) dan range tele (misalnya 70 – 200 mm)
  4. Demikian dengan besaran diafragma. Kalau Anda akan sering mengambil objek yang bergerak cepat, maka lensa dengan bukaan yang besar (2,8) sudah selayaknya menjadi pilihan, berbeda kalau Anda akan sering mengambil objek pemandangan yang relatif tidak membutuhkan diafragma yang terlampau besar. Satu hal yang harus dicermati adalah bahwa semakin besar diafragma, maka harga lensa akan semakin tinggi, demikian dengan bobotnya yang relatif lebih berat, karena diafragma yang besar membutuhkan konfigurasi tambahan pada lensa.
  5. Terakhir adalah mempertimbangkan merek lensa mana yang akan dipilih. Kalau Anda memiliki budget yang besar, maka lensa yang bermerek sama dengan lensa bisa dipilih, tapi bagi yang memiliki dana pas-pasan maka Anda bisa memilih lensa third party.

last fm

kalengcreative's Profile Page

pengikut

free counters