Site Meter

6 Tipe Teman di Facebook

Facebook semakin ramai digunakan orang di dunia. Fiturnya memang hebat, melampaui social networking lain. Dan kita benar-benar up-to-date dengan aktivitas-aktivitas teman-teman kita yang lainnya via news feed-nya.
Selain itu kita bisa menambah teman baru via facebook. Akan tetapi tahukah anda teman-teman itu memang benar-benar teman nyata atau hanya teman palsu, bahkan tidak sedikit teman yang hanya sekedar iseng, usil. Tidak tertutup kemungkinan teman tersebut malah mengganggu kenyamanan kita dalam berpesbuk ria, pada akhirnya dengan rasa terpaksa kita harus menghapus teman tersebut dari daftar teman facebook kita.
Okey, Inilah tipe teman di facebook menurut kategori mas Abe Tobing:

1. Teman Asli
Yaitu teman kita dalam kehidupan nyata, yang benar-benar kita kenal. Kita biasanya sering berkomunikasi bersama tipe teman ini secara aktif via facebook. Entah itu melalui wall, komentar foto, atau via messaging facebook.

2. Teman sebatas Facebook
Kita tidak mengenalnya sama sekali di kehidupan nyata, tapi kita aktif berkomunikasi dengan mereka via facebook. Terkadang walaupun jarang, ada yang semakin akrab sampai bertukar informasi Yahoo Messenger, nomor handphone, dan bisa sampai kopi darat atau bisa sampai menjalin hubungan lebih dalam.

3. Teman Virtual
Kita add mereka atau sebaliknya, mereka ‘add’ kita, dan kita atau mereka mengirim pesan “Thanks for the add” atau “Makasih ya udah add aku”. Hanya sebatas itu, tanpa komunikasi lebih lanjut. Biasanya tipe teman seperti ini kita dapatkan dengan alasan ingin menambah daftar teman di facebook.

Rekomendasi dari Facebook
Facebook punya satu fitur (aplikasi) unik, yaitu People You May Know. Fitur ini merekomendasikan kita kepada member facebook lain yang mungkin kita kenal di kehidupan nyata. Caranaya dengan mencari member facebook lainnya yang memiliki kriteria-kriteria yang sama seperti kita, seperti tempat tinggal yang sama (misal: Jakarta), interest yang sama dengan kita, agama yang sama dengan kita, tempat kerja yang sama, dan teman-teman yang sama dengan teman-teman di daftar teman kita.
Rekomendasi dari fitur ini memang hampir akurat, nilai akurasinya menurut saya 65%, dan tidak semua orang yang direkomendasikan benar-benar kita kenal dan orang-orang pada umumnya percaya dengan sugesti fitur ini dan langsung meng-add member lain hasil rekomendasi facebook itu.

Hasil Search
Kaum pria biasanya paling aktif melakukan pencarian. Mereka biasanya mencari member lain lawan jenis (atau sesama jenis). Tak jarang mereka hunting di facebook untuk mencari teman-teman virtual baru yang padahal belum tentu bisa dijadikan teman asli.

4. Teman dari Teman
Biasanya dilakukan oleh member baru, mereka lihat daftar teman dari teman mereka dan meng-add nya satu persatu. Teman dari teman bisa masuk ke kategori 1, 2 atau 3.

5. Teman Penasaran
Saat browsing facebook, tiba-tiba kita nyangkut dengan profil member lain yang menarik perhatian (biasanya karena cewe/cowo cakep). Tapi kita tidak bisa melihat profilnya secara lengkap, ini karena member tersebut membatasinya atau kita tidak satu network dengannya. Karena kita penasaran dengan member tersebut dan ingin melihat profil lengkapnya, mau tidak mau, kita harus add dulu.

6. Teman Bawaan
Sebelum kita terdaftar di facebook, kita adalah anggota social networking lain, seperti friendster atau myspace. Seringkali kita bertemu mereka juga di facebook dan biasanya menjadi teman juga di facebook.
Nah kalau dihitung dari total teman kamu di facebook, yang teman kategori 1 itu berapa banyak ya? Dan sadarkah anda kalau saja teman tidak nyata itu bisa saja mencuri informasi data diri anda?
Jadi, perlukah kita lebih berhati-hati dalam memilih teman? atau apakah kita harus konfirmasi semua member yang meminta pertemanan? AS

0 comments:

There was an error in this gadget

last fm

kalengcreative's Profile Page

Recent Posts

pengikut

There was an error in this gadget